Tips Membuka Dan Pasang Busi Dengan Benar

Peran busi betul-betul penting pada sebuah kendaraan bermotor. Karena, bagian ini menjadikan percikan listrik yang akan memicu efek ledakan dari campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar di mesin kendaraan beroda empat ataupun sepeda motor. Untuk menentukan busi berfungsi dengan bagus, pemilik kendaraan bermotor direkomendasikan untuk mengerjakan pengecekan, dapat via bengkel resmi, ataupun sendiri di rumah memakai kelengkapan yang ada.

Bagi yang penasaran untuk mengecek busi sendiri, kelengkapan yang diperlukan antara lain kunci standar untuk membuka kompartemennya, kunci busi layak tipe kendaraan masing-masing, serta kaca pembesar untuk mengamati kerusakan busi kita. Ketika telah sukses dibuka dan dikeluarkan dari posisinya, normalnya akan nampak pengerakan karbon pada komponen busi, khususnya di ulir sampai ke elektroda dan pengantar arus. Kotoran atau kerak yang melekat itu dapat dibersihkan.

Sekiranya telah dibersihkan, cara kerja pemasangan yang benar wajib dilaksanakan lagi oleh pemilik kendaraan ataupun mekanik bengkel. Hal hal yang demikian supaya busi bisa melakukan fungsinya dengan bagus dan maksimal. Ada sebagian hal yang wajib dilihat ketika memasang kembali busi kendaraan bermotor pada posisinya, mulai dari kekencangan, penerapan kunci, sampai keadaan mesin kendaraan.

Ketika memasang busi lama yang telah dibersihkan ataupun yang baru, kekencangan wajib dilihat. Sekiranya terlalu cepat, dapat mengakibatkan ulir busi rusak, kinerja berkurang, dan nantinya akan susah untuk dilepas kembali. Saran tingkat torsi kekencangan pemasangan busi diatur oleh sebagian hal, ialah jenis busi yang memakai gasket atau tanpa gasket, ukuran diameter ulir busi, serta jenis kepala silinder mesin yang memakai cast iron atau almunium.

Kecuali itu, penerapan kunci dengan ukuran yang layak  dengan spesifikasi mesin dan hexagonal busi. Sekiranya ini tak dilaksanakan, bisa mengakibatkan kunci busi tersangkut sehingga bisa menggagalkan cara kerja pemasangan atau pelepasan busi. Terakhir, pastikan mesin kendaraan telah berada pada keadaan mati  sebelum melepas dan memasang busi. Sistem ini dilaksanakan supaya sifat logam pada busi ataupun kepala silinder telah stabil, sehingga tak memicu adanya kerusakan pada kedua bagian hal yang demikian.

Perlu dikenal pada tiap bungkus busi baru, sudah dilengkapi dengan tutorial ringan untuk pemasangan berikut dengan keterangan tingkat kekencangan yang dianjurkan, supaya bagian ini dapat dipasang dengan total.

Jika sobat Tekiro ingin membeli produk dari Tekiro bisa di dapatkan di marketplace atau e-commerce official kami dan jangan lupa juga untuk follow akun social media kami agar selalu mendapatkan update produk terbaru dari kami.

Leave a Reply