Cara Menggunakan Dongkrak Buaya

Dongkrak buaya yang berbentuk menyerupai mulut buaya ini mempunyai sisi kepraktisan penggunaan yang cukup tinggi. Dengan titik tumpu dongkrak yang pipih serta disertai roda kecil, membuatnya bisa digunakan pada mobil yang memiliki ground clearance rendah sekalipun. Apalagi sistem hidraulis menjadikan pekerjaan menjadi semakin mudah tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga. Kelebihan dari dongkrak ini adalah dapat digunakan dalam segala medan, misal medan miring atau tidak rata, karena menggunakan empat roda. Cocok juga digunakan untuk semua jenis mobil kecil, tidak seperti dongkrak botol dimana cukup sulit jika digunakan untuk mendongkrak mobil jenis sedan. Dongkrak buaya tersedia dari kapasitas 1,5 ton, 2 ton, 2,5 ton, 3 ton, 5 ton, 10 ton, 20 ton

Akan tetapi pada saat digunakan, sebaiknya Anda harus memperhatikan titik tumpu yang tepat. Ujung tumpuan dongkrak yang umumnya berbentuk lingkaran serta bergerigi, perlu diposisikan dalam tempat berbeda pada dongkrak standar. Hal ini penting, guna menghindari kerusakan bodi akibat tidak sesuainya ujung dongkrak terhadap titik tumpuan di bodi mobil. Sebaiknya pilih bidang rata di kolong mobil seperti sasis, batang arm suspensi atau dudukan per. Hindari mendongkrak bagian batang suspensi belakang jenis beam. Karena hal ini bisa menjadikan beam bengkok sehingga mempengaruhi sistem suspensi.

Buka roda sebelum mendongkrak 

Hindari membuka baut roda ketika ban telah terangkat penuh. Karena hal ini bisa membuat dongkrak menjadi tidak stabil karena entakan ketika membuka baut roda.

Fungsi Jack Stand 

Apabila Anda ingin mobil tetap terangkat dalam waktu yang lama, Ada baiknya memanfaatkan jack stand bukan dongkrak. Sebab, dongkrak hanya untuk mengangkat dan terutama jenis hidraulis, tidak dirancang guna menahan beban dalam jangka waktu lama. Kebocoran atau kerusakan sil pada dongkrak mudah terjadi

Baca juga : Fungsi dan harga kunci inggris

Cara Menggunakan Dongkrak Buaya

dongkrak buaya

1. Tempatkan mobil di permukaan yang rata. Pastikan mobil tidak bisa bergerak dengan bebas. Caranya posisikan transmisi pada posisi P untuk mobil otomatis atau posisikan transmisi pada gigi 1 untuk mobil manual.

2. Baca buku manual untuk mengetahui titik tumpu dongkrak yang disarankan. Umumnya titik ini terletak di antara batang garden dekat suspensi atau di bawah bodi rangka utama.

3. Ingat bahwa dongkrak adalah alat pengangkat mobil, bukan penopang. Jadi apabila Anda harus melakukan pekerjaan di kolong mobil, pasang juga jack stand sebagai alat penahan beban mobil.

4. Sebelum memasang jack stand, Anda bisa mengganjal ujung roda yang tidak ditopang jack stand memakai potongan balok agar tidak mudah menggelinding.Kini saatnya untuk memasang dongkrak pada mobil Anda. Setelah itu, tekan-tekan tuas dongkrak tersebut sehingga mobil pun otomatis akan terangkat.

5. Setelah pekerjaan Anda rampung, segera turunkan kembali dongkrak pada posisi yang semula. Sedangkan bila Anda juga menggunakan jack stand, posisi dongkrak harus dinaikkan dulu barulah kemudian ambil jack stand-nya lalu turunkan dongkrak secara perlahan-lahan.

 

 

 

- TEKIRO Believe In Your Choice -