Untuk artikel kali ini kami akan membahas tentang pengenalan lebih jauh tentang kunci ring pas. Fungsi utama dari kunci ini adalah untuk memberikan momen tambahan yang lebih besar pada baut dan mur karena memiliki lengan yang agak panjang baik untuk membuka maupun untuk mengencangkan. Kunci ring jadi salah satu perangkat wajib di bengkel atau bagi bikers yang hobi ngoprek.

 Secara bentuk, kunci ring memunyai desain hexagonal pada rahangnya. Tujuannya untuk memudahkan digunakan pada bagian-bagian yang letaknya sempit. Bentuk rahangnya yang bulat otomatis akan menutup semua bagian luar baut atau mur yang ingin di buka. Kunci ring memiliki ukuran metrik kombinasi, mulai dari ukuran 6, 7 ,8, 9 dan seterusnya.  Kelebihan lainnya adalah aman digunakan dalam mengencangkan atau mengendurkan momen kunci yang kuat. Desain rahang yang bulat dan menutup semua bagian luar baut atau mur sehingga kecil kemungkinan terjadi kerusakan.  

A. Kunci Pas (Open End Wrench)

kunci ring pas

Kunci pas terbuat dari logam paduan Chrome Vanadium, dengan tangkai (shank) membentuk sudut 15 derajat pada kedua ujung-ujungnya dan 90 derajat yang terdapat pada kunci pas khusus. Kunci pas umumnya dibuat menjadi dua kunci yang ukuran masing-masing berbeda. Misalnya; ukuran 6 mm dan 7 mm, dan seterusnya. Ukuran kunci menunjukkan lebar dari mulut kunci yang yang berati juga menunjukkan lebar kepala baut atau mur. Satuan ukuran kunci pas terdiri dari ukuran metrik (mm) dan imperial (inch). Ukuran satuan metrik tersedia ukuran dari 4 mm sampai dengan ukuran 80 mm. Dan yang umum digunkan di bengkel otomotif adalah ukuran 6 mm dengan kenaikan setiap 1 mm hingga ukuran kunci 36 mm, kecuali ukuran 31 mm, 33 mm, 34 mm, dan 35 mm tidak disediakan.

B. Kunci Ring (Box Wrench)

kunci ring

Kunci ring juga terbuat dari logam paduan Chrome Vanadium. Kunci ring berfungsi untuk memasang atau melepaskan kepala baut atau mur yang mempunyai momen pengencangan yang cukup besar dan memungkinkan dapat bekerja pada ruang yang terbatas. Pada ujung-ujung kepala kunci ini, terdapat cincin yang berdimensi heksagonal atau lebih pada lubang diameter di dalamnya. Kunci ini lebih kuat dan ringan dari kunci pas dan memberikan cengkraman pada seluruh kepala baut atau mur. Kunci ring mempunyai tangkai lebih panjang dibandingkan dengan kunci pas, gaya tuasnya lebih besar bila dibandingkan dengan gaya tuas kunci pas.

Baca juga : Macam-macam alat pertukangan

C. Kunci Kombinasi (Combination Wrench)

kunci kombinasi

Kegunaan kunci kombinasi merupakan gabungan dari kunci pas an kunci ring pada masing-masing ujung dalam ukuran yang sama dan merupakan kunci yang saling mengisi kekurangan yang ada pada kunci pas dan kunci ring, dan lebih simpel. Kunci ini sangat berguna saat menyetel pengikat (fastener) dengan ukuran yang sama pada posisi yang berbeda. Kunci ini dengan jenis kepala bersegi 6 yang sama dan ukurannya berkisar antara 6 mm sampai dengan 32 mm.

Kelemahan kunci pas dan kunci ring;

  • Tidak dapat menjangkau kepala baut dan mur yang letaknya tersembunyi.
  • Momen atau torsi pengencangannya cukup kecil.

Jika kalian ingin mengetahui informasi tentang hand tools kunjungi website kami dan ikuti juga kami di social media untuk mengetahui upadate barang-barang dari Tekiro. Dan jika ingin membeli produk hand tools Tekiro anda bisa mendapatkannya di E-commerce atau marketplace official kami seperti di Tokopedia, lazada, Shopee dan lain-lain. Untuk pembahasan selanjutnya akan lebih menarik lagi tentang hand tools. Jadi terus ikuti update dari kami untuk menambah wawasan anda di bidang hand tools.

 

 

 

- TEKIRO Believe In Your Choice -